Sabtu, 30 November 2013

TUGAS KE-4 JOB DESKRIPSI DAN BISNIS PROSES spv accounting



PT KITA adalah salah satu perusahaan yang yang bergerak di bidang komputer terbesar di Indonesia. Pada PT KITA ini dipimpin oleh CEO bernama master shifu. Perusahaan ini adalah perusahaan fiktif yang dibuat untuk mahasiswa lebih memahami tentang mata kuliah ERP. Pada PT KITA ini terdiri dari beberapa departemen, yaitu
Departemen Accounting dan Finance
Departemen Purchasing
Departemen Marketing
Departemen HRD
Departemen IT
Supplier
Customer
Bank dan Pajak
Departemen Accounting dan Finance
Pada departemen ini menangani masalah keuangan dan akunting perusahaan PT KITA. Struktur organisasi di departemen PT KITA ialah
Manager Accounting dan Finance
Accounting Section Head
Finance Section Head
Account Receivable
Account Payable
Cost Accounting
Chasier





STRUKTUR ORGANISASI
DEPARTEMEN ACCOUNTING & FINANCE
PT. KITA





Accounting Section Head
Sebagai Accounting Section Head atau kepala bagian akunting adalah Membantu CEO dan manager accounting dan finance dalam mengkoordinasikan kegiatan pengelolaan keuangan beserta administrasinya, penyusunan laporan keuangan, penyusunan anggaran tahunan (RKAP), bahan penyusunan laporan manajemen.

TUGAS POKOK :
1. Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen,
Keuangan, Sistem Informasi Keuangan.
2. Melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi
manajemen perusahaan.
3. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai
dengan target yang ditentukan.
4. Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran
Perusahaan (RKAP).
5. Mengusulkan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan yang
memadai untuk pengembangan sistem informasi akuntansi & keuangan
dan bentuk-bentuk pelaporan.
6. Mengevaluasi dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan
laba/rugi, laporan arus kas) yang auditable secara berkala beserta
perinciannya (bulanan, triwulan maupun akhir tahun) sesuai dengan
kebijakan akuntansi kepada Direksi.
7. Mengevaluasi kajian kelayakan investasi dalam surat-surat berharga,
akuisisi, merger dan privatisasi.
8. Mengevaluasi dan menyampaikan bahan-bahan laporan untuk Rapat
Umum Pemegang Saham (RUPS) kepada Direksi.
9. Melaporkan kinerja manajemen unit operasi terhadap anggaran dan
standar biaya dan memberikan penjelasan disertai rekomendasi
perbaikan yang diperlukan.
10. Melaksanakan perencanaan dan pengendalian anggaran bulanan,
triwulanan dan tahunan.
11. Memeriksa pengajuan Rencana Kebutuhan (RK) dan uang kas
kecil (petty cash).
12. Memberikan pertimbangan mengenai kebutuhan dana yang tidak
tersedia alokasi anggarannya dan kebutuhan dana lain di luar
anggaran.
13. Menghitung harga pokok dan mengusulkan penetapan tarif.
14. Mengevaluasi rencana kebutuhan biaya operasional dan modal kerja
serta rencana penerimaan dan pengeluaran Kas/Bank.
15. Mengelola alat-alat pembayaran dan surat-surat berharga.
16. Mengevaluasi penutupan asuransi dan tuntutan ganti rugi.
17. Mengevaluasi perhitungan kewajiban perpajakan sesuai Undang-
Undang Perpajakan.
18. Menyelenggarakan program bantuan dan pembinaan terhadap Usaha
Kecil dan Koperasi.
19. Menyelenggarakan data base mitra binaan.
20. Menyelenggarakan kegiatan bina lingkungan.
21. Mengkoordinasikan penyelesaian piutang macet ke Direktorat Jenderal
Piutang Lelang Negara, Komisaris dan Pemegang Saham.
22. Melakukan kompilasi, analisis dan evaluasi piutang usaha dari unit
usaha setiap bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar